potongan Teras

MCNP adalah code yang banyak digunakan untuk mengitung fenomena transport pada neutron, foton, elektron, atau gabungannya. Aplikasinya meliputi proteksi radiasi dan dosimetri, perisai radiasi, radiografi, fisika medis, keselamatan kekritisan nuklir, desain detektor dan analisis, logging sumur minyak, Akselerator, desain reaktor fisi dan fusi, dekontaminasi dan dekomisioning.
Standar fitur  penting yang membuat MCNP sangat fleksibel dan mudah digunakan meliputi general source, criticality source, dan surface source yang cukup powerfull, baik geometri dan output ditampilkan secara baik, kaya akan teknik pengurangan varians, struktur penghitungan fleksibel, dan koleksi data cross-section yang cukup lengkap.
MCNP berisi banyak penghitungan yang fleksibel: arus & fluks permukaan, fluks volume(trek panjang), pemanasan partikel, pemanasan fisi, perhitungan tinggi pulse untuk energi atau perubahan deposisi, penghitungan mesh, dan penghitungan radiografi. (sumber: mcnp.lanl.gov)
Berbicara teori difusi neutron, cukup kompleks untuk dapat dimodelkan secara akurat. Saat ini 2 metode yang berkembang dalam memodelkannya dibagi menjadi 2 yaitu pendekatan deterministik dan probabilistik. Jika sebelumnya dibahas mengenai SRAC code perbedaan cukup menonjol jika dibandingkan dengan MCNP yaitu perhitungan pada SRAC lebih kepada deterministik (pendekatan ruang) sedangkan MCNP gabungannya (sifat/properties dimodelkan secara deterministik dan pergerakan partikel secara stokastik). Pada metode monte carlo ini tidak harus melakukan diskretisasi dan homogenisasi seperti pada perhitungan deterministik (SRAC code). Sampling partikel dimodelkan secara acak pada pergerakannya dalam ruang mengikuti fenomena interaksi radiasi (neutron, foton, elektron) terhadap materi.
Sampai saat ini sudah cukup banyak penelitian tugas akhir mahasiswa di JTF yang menggunakan metode Monte Carlo (MCNP) untuk memodelkan perhitungan kekritisan pada suatu desain reaktor nuklir. Tentu saja penguasaan metode perhitungan neutronik sangat penting dikuasi dalam hal mendesain reaktor nuklir maju. Bagi yang berminat dan ingin tahu lebih banyak mengenai MCNP, klik disini.





Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Posting Komentar